oleh

WOW, EKSOTIS OBJEK WISATA BUNTU SOPAI “NEGERI DI ATAS AWAN”

-Pariwisata-1.953 views

rantepaopos.id-Toraja Utara- Keindahan alam Objek wisata Buntu Sopai tak  kalah menariknya dengan objek wisata Lempe di Kecamatan Kapalapitu dengan julukan “negeri di atas awan”.

Betapa tidak, keunggulan objek wisata Buntu Sopai mampu menghasilkan gumpalan awan pada pukul 06.00 s/d 08.00 wita.

Penampakan Gumpalan Awan yang diambil pukul 06.00 wita pagi di puncak tertinggi Buntu Sopai. (foto: Kepala Lembang Marante)

Keunggulan lainnya adalah pada siang harinya,  dari puncak Buntu Sopai (Gunung Sopai) jika mengarahkan pandangan ke bawah maka  kita melihat  panorama yang indah yang mengelilingi dua kota kabupaten yakni Kota Rantepao Toraja Utara dan Kota Makale Tana Toraja.

Foto Kota Rantepao Yang Diambil Dari Puncak Buntu Sopai (Gunung Sopai)

Keunikan, keunggulan dan daya tarik dimilki  objek wisata Buntu Sopai ini, membuat kita betah tinggal berlama-lama di sana,  sebab pagi harinya menikmati pemandangan awan dan siangnya hingga sore  kita  menikmati pemandangan panoramanya.

Foto Kota Makale Kab. Tana Toraja Yang Diambil Dari Puncak Buntu Sopai (Gunung Sopai).

Objek wisata Buntu Sopai hanya berjarak 16 kilo meter dari kota Rantepao dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit dengan  menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Potensi objek wisata alam Buntu Sopai ini, kepala lembang dan masyarakatnya berharap penuh ada perhatian serius dari pemerintah daerah, provinsi dan pusat supaya benar-benar ditata kelola secara profesional untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik.

Kepala Lembang Marante, Kecamatan Sopai Linus Saronglangi’ sangat menyakini jika Objek Wisata Buntu Sopai sudah dikelola dengan baik maka dipastikan mampu membangkitkan perekonomian masyarakat dan menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD).

Ditambahkan Linus, meskipun Desa Marante merupakan desa terpencil dan kategori desa termiskin, tapi memiliki objek wisata alam yang sangat menarik. Untuk itu jika pemerintah dengan  secepatnya lakukan pembenahan infrastruktur pada lokasi objek wisata Buntu Sopai maka akan mampu membuka lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat di Kecamatan Sopai.

“Kami harapkan Pemda  dukung program kami yang ada di lembang,  karena lembang menjadi ujung tombak dalam mendukung pembangunan untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat di Toraja Utara. Kami siap selalu mensinergikan program pemerintah daerah hingga sampai di lembang (desa),” ujar Linus

Kepala Lembang Marante Linus Saronglangi’ Saat Menunjukan Kota Rantepao Di Puncak Buntu Sopai (Gunung Sopai).

Diakui Linus, objek wisata Buntu Sopai ini tidak jauh beda penampakan awannya seperti di Lolai di Kecamatan Kapalapitu  dan Gunung Bromo di Jawa Timur.

Dalam pembangunan infrastruktur objek wisata ini, imbuh Linus merupakan salah satu program unggulan Lembang Marante yang sangat diharapkan untuk mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah daerah.

“Program kami ini benar-benar sebagai harapan supaya pemerintah daerah mengindahkannya. Dan jika ini mendapat respon positif dari pemerintah daerah, maka  langkah awal kami membutuhkan penerangan jalan (lampu jalan) yang telah dijanjikan bapak Bupati Toraja Utara yaitu 10  unit penerangan menggunakan tata surya menuju akses objek wisata,” imbuhnya.

Linus menyebut, terkait dengan penerangan jalan menuju objek wisata sudah bertahun-tahun diimpikan masyarakat Lembang Rante, dan penamaan objek wisata Buntu Sopai ini diberi nama “Toraja Indah Di Gunung Sopai” artinya untuk menikmati keindahan alam di Sang Torayan (Tana Toraja-Toraja Utara) cukup datang ke puncak Buntu Sopai.  (basry/jhon)

Komentar