oleh

Tingkatkan Produksi, Poktan Pangrantean dilatih Operasikan Alsintan

Torayapos.com-Toraja Utara,– Pemerintah Kabupaten Toraja Utara  terus lakukan berbagai upaya dalam meningkatkan sumber daya manusia bagi para petani, guna meningkatkan produksi pertanian dan peningkatan ekonomi para petani.

Hal itu dibuktikan, Kamis (12/3/2020), melalui Dinas Pertanian mengikutkan Kelompok Tani (Poktan) Pangrantean, yang berada di Kelurahan Laangtanduk Kecamatan Rantepao, untuk mengikuti pelatihan pengoperasian alat maxxi rice transplanter.

Sebagai pelatih dalam pelatihan ini adalah pihak PT. Corin Mulia Gemilang.

Kepala Seksi Pupuk, Pestisida dan Alsintan, Venty Indriani mewakili Kadis Pertanian Toraja Utara, Medan, mengatakan Pengembangan pertanian modern melalui penggunaan  (Alat Mesin Pertanian (alsintan) dari aspek ekonomi secara signifikan dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan keluarga petani, sehingga dapat menghemat biaya pengolahan tanah, tanam, penyiangan dan biaya panen karena sebagian besar tenaga kerja sudah diganti oleh penggunaan Alsintan yang jauh lebih efisien.

Ditambahkan, sistem penanaman bibit padi yang ada di Kabupaten Toraja Utara kebanyakan dilakukan dengan cara tradisional, yaitu dengan sistem tanam pindah.

Kekurangan pada sistem ini, ujar Venty,  adalah dapat mengakibatkan tertundanya waktu tanam serempak karena hanya mengandalkan tenaga kerja manusia dalam proses penanamannya. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka petani memerlukan suatu dukungan alat yang dapat digunakan untuk menunjang aktifitas penanaman bibit padi yang lebih cepat, serempak dan murah.

“Dukungan pemerintah dalam bantuan alat tanam padi otomatis atau rice transplanter menjadi alternatif teknologi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Rice transplanter merupakan alat penanam bibit padi dengan jumlah, kedalaman, jarak dan kondisi penanaman yang dapat diseragamkan,” imbuhnya.

Konsep alat ini, kata dia,  adalah memberikan jarak yang pas antara satu barisan padi dengan barisan padi lainnya. Jarak antar baris ini dapat dimanfaatkan untuk memudahkan dalam melakukan pemeliharaan tanaman padi.

Ketua Kelompok Tani Pangrantean Timur Oktovianus Ba’ba mengatakan dengan adanya Alsintan ini sangat membantu petani. Selain itu, Oktavianus juga masih berharap agar pemerintah dapat memberikan bantuan alat pertanian  berupa mesin tanam dan traktor.

Hadir juga dalam kegiatan Koordinator BPP Rantepao Salmiah Rerung, SP, Babinsa dari Kodim 1414 Tator, Kelompok Tani Pangrantean dan segenap masyarakat.(basry)

Komentar