oleh

Kemen PUPR RI Gelar FGD Untuk Pengembangan Kawasan Pariwisata di Toraja

RANTEPAOPOS.ID-TORAJA UTARA,–Rapat Koordinasi II Penyusunan Rencana Kawasan Pariwisata Tana Toraja dan Toraja Utara yang di selenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Cipta Karya Balai Pelaksana Pemukiman Wilayah Sulawesi Selatan.

Kegiatan itu dilaksanakan di Heritage Hotel, Senin  (25/11/2019).

Laporan Kepala Balai Prasarasana Pemukiman Wilayah Sulsel Dr. Ir. H. Ahmad Asiri, M. Si  menyebutkan, dalam pengumpulan data perlu diskusi dan merumuskan konsep dalam pengembangan pariwisata di Toraja secara menyeluruh (Toraja Utara dan Tana Toraja).

Katanya, dengan hadirnya Forum Grup Discusion (FGD) diharapkan dapat  hasilkan terobosan baru untuk pengembangan destinasi pariwisata sebagai  kawasan prioritas pengembangan dalam FGD di dua kabupaten (Tana Toraja dan Toraja Utara).

“Dalam FGD ini akan kita mendapatkan masukan-masukan mana saja yang  menjadi skala prioritas pengembangan pariwisata,” tambahnya.

Mewakili Pemkab Toraja Utara dan Pemkab Tana Toraja Rede Roni Bare, mengatakan, terakit dengan  kegiatan penyusunan rencana kawasan pariwisata Tana Toraja dan Toraja Utara tidak terlepas dari misi dari dua kabupaten tersebut.

“Misi dari kedua kabupaten (Tana Toraja dan Toraja Utara), yaitu bagaimana mengembangkan kawasan pariwisata di Toraja.  Bapak Gubernur Sulsel juga memberikan perhatian besar bagi dua kabupaten ini seperti pembangunan jalan provinsi yang sementara dikerjakan tahun ini di empat titik guna menopang terciptanya kawasan strategi pariwisata nasional,” jelas Rede Roni Bare.

Kegiatan FGD itu dibuka Sekda Toraja Utara,  dan dihadiri  Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yanice Palungan , Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan Jhoni Parubak, Konsultan Perencanaan Prof. Sampe Paembonan, Ketua DMO Toraja Alloysius Lande’ dan Para Pejabat / Stakeholder terkait OPD/SKPD di dua Kabupaten.

Penulis : Basry

Editor   : Yoel R Datubakka.

Komentar