oleh

Cara Memilih Kura-Kura Untuk Dijadikan Peliharaan

-Lifestyle-15 views

Kura-kura menjadi peliharaan reptil yang banyak digemari. Tak heran jika tempat jual kura kura darat saat ini sangat banyak dan mudah didapat. Sebab kura-kura darat dapat hidup berkisar antara 50 sampai 100 tahun.

Exotic market Indonesia, salah satu tempat yang saat ini banyak di kunjungi untuk mendapatkan kura-kura darat. Dan tidak hanya itu, tempat tersebut juga merupakan tempat jual hewan peliharaan reptil seperti ular dan lainnya.

Jika Anda dan keluarga sudah yakin untuk memilih kura-kura untuk dipelihara, paling baik jika mendapatkannya dari pusat penangkaran, jika memungkinkan.

Namun, kondisi penangkapan dan pengiriman bisa mengerikan dan mengakibatkan hewan stres yang kemudian lebih rentan terhadap penyakit.

Anda juga bisa mengadopsinya dari tempat penyelamatan atau shelter, karena banyak di antaranya berasal dari pemilik yang memutuskan bahwa mereka tidak dapat menangani dan memenuhi kebutuhan perawatan untuk kura-kura.

Semua kura-kura peliharaan yang baru di rumah juga harus diperiksa parasitnya dan dikarantina sebentar untuk memastikan kesehatannya, terutama jika ada kura-kura lain.

Beberapa spesies dapat menjadi agresif dengan kura-kura baru dan jika beberapa pejantan disimpan di kandang yang terlalu kecil, perkelahian dapat terjadi.

Sangat penting untuk memilih spesies kura-kura peliharaan yang tepat untuk menentukan kebutuhan kandang, kebutuhan lingkungan, dan kebutuhan makanan.

Spesies yang berbeda memiliki ukuran, suhu, dan kebutuhan cahaya yang sangat berbeda. Pastikan untuk meneliti setiap spesies kura-kura yang yang akan diadopsi.

Namun, beberapa spesies yang paling sering dijadikan hewan peliharaan adalah kura-kura Rusia, kaki merah (dan varietas kepala ceri), sulcata, kura-kura Yunani, dan kura-kura radial. Namun, ada juga beberapa jenis lainnya yang bisa dipilih.

Mengutip Mental Floss, ada juga beberapa fakta kura-kura lain yang mungkin juga perlu diketahui berikut:

  1. Beda Penyu dan Kura-Kura

Kura-kura adalah penyu, tetapi penyu bukanlah kura-Kura. Penyu adalah reptil bercangkang yang termasuk dalam ordo Chelonii.

Istilah “kura-kura” lebih spesifik, mengacu pada penyu darat. Kura-kura biasanya herbivora dan tidak bisa berenang. Satu cara mudah untuk membedakan mereka, coba lihat kaki dan cangkangnya.

Penyu air memiliki sirip atau kaki berselaput dengan cakar panjang, dan cangkangnya lebih rata dan lebih ramping.

Sementara kura-kura memiliki kaki yang gemuk seperti gajah dan cangkang yang lebih tebal dan berbentuk kubah.

  1. Perbedaan Warna Cangkang

Semakin cerah warna cangkangnya, semakin hangat wilayah asalnya. Kura-kura dari tempat panas cenderung memiliki warna cangkang yang lebih terang dibandingkan kura-kura dari daerah yang lebih dingin.

Seperti misalnya sulcata cokelat muda yang berasal dari bagian selatan Gurun Sahara.

  1. Kemampuan Renang

Kura-kura tidak bisa berenang, tapi bisa menahan nafas untuk waktu yang lama. Mereka sangat toleran terhadap karbon dioksida.

Reptil ini harus mengosongkan paru-parunya sebelum mereka bisa masuk ke dalam cangkangnya.

Anda akan sering mendengar mereka mengembuskan napas saat mereka terkejut dan bersembunyi.

  1. Cangkangnya Sangat Sensitif

Cangkang memiliki ujung saraf, sehingga kura-kura dapat merasakan setiap gesekan, belaian, atau cakaran dan terkadang mereka menyukainya.

  1. Kura-Kura Mencapai Kematangan Seksual dengan Ukuran, Bukan Usia

Anda tidak akan bisa membedakan jenis kelamin kura-kura sampai mencapai ukuran tertentu, yang bervariasi berdasarkan ras.

Tanda yang paling jelas adalah plastron, yang digunakan untuk tujuan kawin. Anda akan melihatnya lebih datar pada betina dan melengkung pada jantan. Jantan juga cenderung lebih besar dan memiliki ekor yang lebih panjang.

  1. Mereka Bisa Mencium Bau dengan Tenggorokan

Seperti reptil lainnya, kura-kura mendeteksi bau yang paling samar dengan organ vomeronasal, atau Organ Jacobson, di atap mulut mereka.

Alih-alih menjentikkan lidah, mereka memompa tenggorokan mereka untuk mengalirkan udara melalui hidung dan sekitar mulut.

Komentar