oleh

Wow 4 Siswa SMA Barana’ Raih Medali Emas di Ajang YES di Singapore

-Pendidikan-208 views

rantepaopos.id-Toraja Utara,– Prestasi gemilang diperoleh 4 siswa/i SMA Kristen Barana dengan meraih Gold Medal Winner atau pemenang medali emas pada ajang Youth Environmental Summit (YES) 2019 yang berlangsung di Singapore dari tanggal 23 s/d 27 Januari lalu.

Ke 4 siswa tersebut adalah Yoshua Felix Lolo Rante Palullungan, Gilberth kombong Rante Ta’dung, Thresya Zora Sibarani, dan Stanley Irvine Popang dengan mengusung karya yang diberi nama “Ecomart” sebagai ide inovasi berbasis pengelolaan lingkungan di Toraja Utara.

Konsep “Ecomart” sendiri merupakan tata kelola sampah plastik dengan cara menukarkan limbah plastik dengan koin, yang mana koin tersebut dapat digunakan untuk ditukarkan dengan barang yang tersedia pada ecomart building di SMA Barana.

Capaian ini mendapat apresiasi dan penghargaan yang tinggi dari Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan didampingi Pj. Sekretaris Daerah Rede Roni Bare saat menerima kunjungan 4 siswa-siswi bersama guru pendamping SMA Kristen Berana di Ruang Kerjanya pada Senin, (4/02/2019).

“Saya bangga dengan prestasi yang didapatkan oleh adik-adik ini, karena metode atau cara yang ditempuh ini, juga merupakan salah satu program dari pemerintah Toraja Utara dalam hal penanganan sampah. Ini merupakan terobosan yang baik yang dibuat oleh generasi muda, karena sudah ikut serta secara aktif dalam kepedulian terhadap lingkungan, terutama kebersihan.” ungkap Kalatiku.

Prestasi yang dicapai oleh siswa – siswa SMA Barana ini, ujar Bupati, mengindikasikan generasi muda di Toraja Utara telah memiliki kepedulian terhadap pelestarian lingkungan yang dapat menjadi inspirasi, tidak hanya bagi pelajar namun juga bagi pemerintah dan masyarakat luas untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih di wilayah Toraja Utara.

Terkait hal itu, bupati mendorong semua pihak, khsususnya generasi muda di Toraja Utara untuk dapat terlibat langsung bersama pemerintah mengelola dan menjaga kebersihan lingkungan. Kalatiku juga berharap agar konsep “Ecomart” ini dapat ditindak lanjuti agar dapat menjadi pilot project yang dapat dikembangkan dalam mengatasi permasalahan pengelolaan sampah di Toraja Utara.

“Ecomart ini merupakan terobosan yang baik yang di buat oleh generasi muda, yang ikut serta aktif dalam kepedulian terhadap lingkungan, terutama kebersihan. Saya harap, akan ada lagi anak-anak muda yang seperti ini. Terima kasih kepada kalian semua yang sudah mau peduli akan lingkungan. Saya berharap agar cara ini, bisa langsung di laksanakan dan tidak hanya sampai pada ide saja,” kunci bupati. (basry)

Komentar