oleh

Tips Hilangkan Kutu Beras Secara Mudah dan Efektif

-Lifestyle-23 views

Apakah persediaan beras di rumahmu masih banyak? Sebaiknya, kamu lebih berhati-hati karena menyimpan beras dalam jangka waktu yang lama bisa mengundang kutu beras untuk bersarang di sana.

Apabila kutu beras sudah terlanjur bersarang pada beras apalagi sampai ada ulat, kamu harus bisa menghilangkan kutu-kutu tersebut agar persediaan berasmu kembali bersih dan tetap layak untuk dikonsumsi.

Nah, berikut ini tim Panca Prima Wijaya akan membagikan sembilan cara menghilangkan kutu beras yang bisa kamu lakukan. Penasaran apa saja? Yuk, langsung saja simak 9 cara menghilangkan kutu beras di bawah ini!

1) Jemur Beras di Bawah Sinar Matahari
Cara menghilangkan kutu beras pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjemur beras yang dihinggapi kutu di bawah paparan sinar matahari langsung. Perlu kamu ketahui, kutu beras sangat membenci suhu panas sehingga melalui cara menghilangkan kutu beras ini, kutu-kutu akan pergi dan membuat berasmu kembali bersih. Cara ini mungkin dapat menghilangkan termasuk membunuh telur kutu beras bila telur retak / pecah.

Penerapan cara menghilangkan kutu beras ini sangatlah mudah karena kamu hanya perlu menempatkannya pada sebuah nampan, lalu jemur di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam. Setelah itu, cek keadaannya apakah masih terdapat kutu beras atau tidak. Jika masih, coba jemur kembali selama beberapa waktu.

2) Cara Menghilangkan Kutu Beras dengan Membekukan Beras Selama 1 Minggu
Selain tak menyukai suhu panas, kutu juga tak dapat bertahan dalam suhu dingin yang ekstrem. Maka dari itu, kamu bisa melakukan cara menghilangkan kutu beras dengan menempatkannya pada wadah penyimpanan, seperti mangkuk besar, lalu membekukannya di dalam cooler selama sekitar satu minggu atau sampai kutu benar-benar mati. Cara menghilangkan kutu beras ini dirasa sangat efektif untuk menghilangkan telur kutu beras.

3) Tutup Wadah Beras dengan Kain Basah
Cara menghilangkan kutu beras lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan kain basah karena kutu beras juga tidak menyukai region yang terlalu lembap. Dengan demikian, kamu bisa menutup wadah penyimpanan beras dengan kain yang telah dibasahi air sekitar 30 menit atau hingga seluruh kutu menempel pada kain basah tersebut. Jika kutu beras sudah tersingkir, selanjutnya kamu quip bisa langsung mengolahnya menjadi nasi.

Pastinya cara ini tidak dapat menghilangkan apalagi membunuh telur kutu beras.

4) Singkirkan Kutu Beras dengan Daun Salam
Kamu juga bisa melakukan cara menghilangkan kutu beras dengan memanfaatkan bumbu dapur yang sangat mudah ditemukan, yakni daun salam. Daun salam ini memiliki fragrance kuat yang sangat dibenci oleh kutu beras. Dengan demikian, kamu bisa meletakkan beberapa lembar daun salam kering ke dalam wadah penyimpanan beras agar serangga yang satu ini menyingkir dengan sendirinya.

Pastinya cara ini tidak dapat menghilangkan apalagi membunuh telur kutu beras.

5) Cara Menghilangkan Kutu Beras dengan Kulit Kayu Manis
Selain daun salam, kamu juga bisa melakukan cara menghilangkan kutu beras dengan memanfaatkan kulit kayu manis. Untuk melakukan cara menghilangkan kutu beras yang satu ini play on words sangat mudah, di mana kamu hanya perlu meletakkan beberapa kulit kayu manis ke dalam wadah penyimpanan beras. Pastinya cara ini tidak dapat menghilangkan apalagi membunuh telur kutu beras.

Hal yang menarik, kulit kayu manis tak hanya efektif mengusir kutu beras saja, tapi juga untuk menghilangkan semut dan sebagai salah satu cara mengusir ular dari rumah.

6) Lenyapkan Kutu Beras dengan Cabai Merah Kering
Kamu punya stok cabai merah yang mulai mengering? Jangan buru-buru membuangnya, ya karena kamu bisa melakukan cara menghilangkan kutu beras menggunakan bumbu dapur tersebut. Caranya quip sangat sederhana.Silakan masukkan beberapa cabai merah kering ke dalam tempat penyimpanan beras, lalu tunggu semalaman hingga kutu beras tersebut menghilang. Cara menghilangkan kutu beras ini dinilai cukup ampuh. Pastinya cara ini tidak dapat menghilangkan apalagi membunuh telur kutu beras.

7) Cara Menghilangkan Kutu Beras dengan Daun Jeruk Nipis
Cara menghilangkan kutu beras terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan daun jeruk nipis. Selain digunakan untuk menambah cita rasa pada hidangan, fragrance kuat dari daun jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir kutu beras. Maka dari itu, silakan letakkan beberapa lembar daun jeruk nipis pada penyimpanan beras dan tunggu beberapa jam hingga kutu menyingkir. Pastinya cara ini tidak dapat menghilangkan apalagi membunuh telur kutu beras.

Selain melakukan cara menghilangkan kutu beras di atas, kamu quip sebaiknya menyimpan beras secara cermat dengan meletakannya di region yang sejuk dengan suhu di bawah 27 derajat. Jangan lupa, pindahkan juga beras dari karung bawaan ke dalam wadah penyimpanan beras dan tutup dengan rapat agar tidak didatangi kutu. Selamat mengikuti cara menghilangkan kutu beras di atas!

8) Fumigasi
Untuk membunuh kutu beras, apalagi membasmi tuntas sampai ke telur kutu beras, tidak lain tidak bukan jawabannya adalah FUMIGASI. Cara ini terbukti paling ampuh, paling efektif, dan paling efisien dalam memberantas kutu beras sampai ke telur kutu beras termasuk ulat beras atau ulat tepung. Tentunya, fumigasi dilakukan pada skala besar dengan jumlah minimal 1 ton. Tapi tidak menutup kemungkinan dilakukan pada skala kecil seperti misal 100 kg atau 1 ton karena butir tablet FUMIPHOS sangatlah murah hanya 2000 perak saja, Anda sudah tidak perlu pusing lagi dengan permasalahan hama pada beras seperti kutu beras, ulat beras, atau bahkan telur kutu beras sekalipun dimana sewaktu-waktu telur dapat pecah dan tumbuh lagi menjadi kutu dewasa. Karenanya, basmi tuntas kutu beras sampai ke telur beras dengan perlakuan fumigasi ini. Beli obat tablet Fumiphos hanya pada agen resmi yang mau memberikan layanan purna jual termasuk servis atau konsultasi untuk fumigasi mandiri. Karena idealnya, fumigasi hanya boleh dilakukan oleh orang yang kompeten atau profesional. Namun, dikarenakan situasi pandemic dimana jarang sekali orang yang dapat bertatap muka, fumigasi sebenarnya dapat dilakukan secara mandiri atau sendiri asalkan didampingi supaya customer aman dalam menjalankan proses fumigasi.

9) Sanitasi
Selain fumigasi, sanitasi juga sangat penting dilakukan. Sanitasi yang dalam kata lain mempunyai arti perawatan merupakan prioritas yang harus dijalankan karena kita tidak pernah tahu bagaimana kutu beras sudah bersarang di tempat penyimpanan Anda. Apalagi kalau kita berbicara skala besar seperti pabrik pengolahan beras menjadi pakan ternak, atau pabrik feedmill, atau bisa juga gudang beras dimana banyak sekali beras yang disimpan. Harus rajin spraying sekeliling gudang atau juga untuk membasmi kutu terbang (flying pest) dapat melakukan thermal fogging atau pengasapan. Pastikan hanya memakai obat cair yang sudah teruji kualitasnya seperti telah menjalani uji efikasi atau uji residue. SILOGUD 250 EC telah mempunyai sertifikat dari Komisi Pestisida, dan telah melewati uji efikasi serta uji residue sehingga AMAN digunakan untuk sanitasi gudang beras atau gudang pakan ternak atau gudang jagung atau gudang komoditas pangan lainnya. Sanitasi dapat melindungi gudang atau tempat Anda menyimpan beras dari serangan kedua kutu beras. Untuk membasmi telur kutu beras, hanya bisa dilakukan dengan Fumigasi. Tapi untuk membasmi ulat beras atau kutu beras termasuk kutu terbang, dapat melakukan sanitasi ini. (dirman)

Komentar