oleh

Dinas Perindustrian Provinsi Sulsel Latih 30 Pelaku IKM Kopi di Toraja Utara 

-Uncategorized-1.268 views

Torayapos.com-Toraja Utara,– Pelatihan pengembangan sumber daya manusia diversifikasi industri olahan kopi kegiatan pengembangan dan pembinaan sentra industri argo program pengembangan sentra-sentra industri dilaksanakan Dinas Perindustrian Provinsi Sulsel selama 3 hari yakni dari Tanggal 27-29 November 2020.

Pelatihan ini bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Koperasi Toraja Utara dengan melatih pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Kopi sebanyak 30 orang bertempat di Wisma Ford Rotterdom, Tadongkon Kesu, Kecamatan Kesu’, Kabupaten Toraja Utara.

Maksud dan tujuan dari pelatihan tersebut guna mendorong pengolahan potensi industri kopi toraja serta meningkatkan Sumber Daya Manusia atau SDM bagi pelaku IKM Kopi, dengan tujuan dapat terbinanya pelaku industri kopi dengan baik.

Kadis Perindustrian dan Koperasi Toraja Utara, Ir. Arung Buntu Lipa membuka resmi kegiatan pelatihan itu. Dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya (Pemkab Toraja Utara) sangat berterima kasih dengan pelatihan yang dilakukan olehPemprov Sulsel, sebab saat ini Dinas Perindustrian dan Koperasi Toraja Utara sangat minim anggaran disebabkan adanya pemotongan anggaran karena covid-19.

Sementara, pelatihan seperti ini sangat dibutuhan, karena menyangkut peningkatan Sumber Daya Manusi bagi pelaku IKM, khusus untuk Kopi.

Sebab kopi toraja sudah mendunia, sehingga sistem pengolahannya perlu ditingkatkan dalam menjaga kualitas dan kepercayaan dari luar.

Untuk itu kata Arung, bagi peserta pelatihan IKM kopi  agar benar-benar memanfaatkan waktu pelatihan ini guna peningkatkan sumber daya manusia dalam sistem pengolahan kopi yang benar sesuai dengan kebutuhan pasar dalam tujuan peningkatan kuantitas dan kualitas produksi untuk kesejahteraan para IKM kopi.

“Dari pelelatihan ini diharapkan ada sentuhan-sentuhan nilai rasa kopi untuk kenikmatan, yang  tentunya bertujuan meningkatkan ekonomi usaha dan keluarga sendiri. Pengalaman saat saya ke Australia, ternyata kopi toraja sangat disukai di sana dibandingkan dengan kopi daerah lain,” kunci Arung. (yoel).

Komentar