oleh

Dalam Peringatan Hari PGRI, Bupati Kalatiku: Mari Kita Raih Kembali Gemilang Pendidikan Masa Lampau

-Pendidikan-158 views

rantepaopos.id-Toraja Utara, Memperingati hari Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 73 dan Hari Guru Nasional (HGN) mengambil tema “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan abad 21” Senin (26/11/2018) di Lapangan Tagari, Tallunglipu, Topraja Utara.

Dalam peringatan ini inspektur upacaranya adalah Bupati Toraja Utara, DR.Kalatiku Paembonan, M.Si dengan dihadiri para guru se Kabupaten Toraja Utara sekaligus pemberian penghargaan pada sejumlah guru berprestasi.

Bupati menyampaikan ucapan selamat kepada segenap keluarga guru. Ia juga mengatakan, biasa kita dengar penyebutan kepada guru, yakni guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa.

Bupati mengakui, bahwa hingga saat ini banyak prestasi yang telah diraih oleh Kabupaten Toraja Utara baik pada tingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional. Bukan hanya itu, tapi juga banyak anak didik/siswa di Toraja Utara telah meraih beberapa penghargaan, tentunya hal ini terwujujud karena melalui pembinaan generasi muda.

Dia mengisahkan, katanya pengalaman di masa lampau pada Kabupaten Tana Toraja sebelum dimekarkan, Toraja selalu berada diurutan teratas soal pendidikan. Posisi seperti itu, tegas bupati, harus dihadirkan kembali.

Penataran guru adalah upaya yang terus ditingkatkan, ujar bupati, guru diharapkan meluangkan waktu dan mengutamakan kedisiplinan dalam penyelenggaraan pendidikan, agar pendidikan dapat terselenggara dengan baik.

Bupati mengajak, agar hal-hal seperti itu supaya semua guru menyambut positif dan diterapkan di sekolah masing-masing. Kita juga menetapkan pariwisata sebagai pilihan kebijakan pemerintah daerah karena diyakini melalui pariwisata dapat menggerakan sektor ekonomi di Kabupaten Toraja Utara.

Bupati juga mengajak agar kebersihan dijadikan budaya kita untuk mendorong dan berpartisipasi dalam melaksanakan penyelenggaraan pembangunan.

“Jangan biarkan daerah ini dikatakan bahwa kabupaten Toraja Utara menjadi wadah tempat transaksi narkoba. Persepsi ini saya minta agar semua stakeholder baik pemerintah, guru, pelajar dan masyarakat untuk melawannya dan memerangi bersama-sama,” pungkas bupati.

Dalam peringatan tersebut juga dihadiri Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara, Drs. Rede Roni Bare, M. Pd serta jajaran eselon II dan eselon III dalam lingkup Pemkab Toraja Utara. (basry)

Komentar